Osteoartritis

Osteoartritis ( oa) atau disebut juga penyakit sendi degeneratif adalah suatu kelainan pada kartilago (tulang rawan sendi ) yang ditandai dengan perubahan klinis, histologis, dan radiologis. Penyakit ini bersifat asimetris, tidak meradang pada fase awal dan tidak ada komponen sistemik (Parjoto, 2000).

Insiden OA lutut bertambah secara bermakna dengan pertambahan umur, jarang pada anak-anak dan usia muda. Data di Poliklinik Reumatologi RSUP Dr Kariadi pada tahun 1991-1993 tercatat dari keseluruhan penyakit rematik 63% adalah OA dan sebagian diantaranya adalah OA lutut. (Parjoto, 2000).

Pasien dengan OA lutut dapat menimbulkan atau sering mengalami kesulitan dalam melaksanakan aktivitas fungsional dasar seperti, bangkit dari duduk, jongkok, berlutut, jalan, naik turun tangga, bersujud dan aktivitas fungsional lain yang membebani lutut (Parjoto, 2000).

Tujuan dari penatalaksanaan Fisioterapi adalah untuk memperlambat progresifitas dan mempertahankan fungsi sendi tersebut. Dan untuk mengatasi nyeri dan kaku sendi guna mempertahankan mobilisasi (Carter, 1995). Nyeri pada OA bisa disebabkan oleh peningkatan tekanan interoseus, inflamasi pada sinovium, penebalan kapsul sendi, bursitis, tendonitis, psikogenik dan etiologi lain.

Modalitas yang biasa digunakan oleh tenaga ahli fisioterapi ini adalah micro wave diathermy (MWD) dan terapi latihan. MWD dapat mengurangi nyeri yang terjadi akibat penyakit sendi degeneratif pada sendi synovial. (Michlovitz, 1990). Kedua modalitas ini biasanya sudah ada rumah sakit yang mempunyai sub layanan rehabilitasi medik.

Selain dengan menggunakan kedua modalitas tersebut, hal yang paling penting bagi penderita tersebut adalah latihan penguatan otot tungkai atas depan dengan intensitas yang telah ditentukan oleh fisioterapis yang disesuaikan dengan tes yang dilakukakannya. Selain itu masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh penderita tersebut dalam hal mengurangi nyeri dan meningkatkan aktifitas fungsionalnya yang terganggu.

1 Response to "Osteoartritis"

blanknnet said...

wuh ngeri...btw nice post gan...mampir kerumah ya gan...

Post a Comment

 
powered by Blogger | For Blogservices